Latest News

Kabid Humas Polda Kaltim geler Silahtulrahmi bersama Awak Media se Kalimantan Timur

Selasa, 30 April 2019
BALIKPAPAN-Kabid Humas Polda Kaltim gelar silaturahmi bersama Pimpred dan Awak Media se-Kalimantan Timur (Kaltim),  di ruang Mapolda Kaltim, Selasa (30/04/2019).

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Ade  Yaya Suryana, Sik. MH menyampaikan, usai pesta demokrasi telah dilaksanakan, pileg dan pilpres, 17 April lalu. Telah kita lalui, bersama, diperlukan kondisi dan situasi keamanan bagi masyarakat.

"Kita sudah melewati adegan cukup melelahkan, dan membutuhkan kerja keras, bahkan, kerja keras semua pihak. Khususnya, media pers yang melakukan penyebaran informasi. Telah mengawal proses pemilu," ungkap Ade Yaya.

"Kalau monitor, di medsos, hanya saja memantai meski ingin mengomentari, hanya saja menahan saja," tuturnya.

Menurutnya, perlu disikapi perkembangan informasi dimedia massa dan media sosial. Agar situasi Kamtibmas harus dijaga bersama-sama. Sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

"Di Kaltim ini, situasi keamanan kita terjaga dengan baik. Diharapkan, agar media tidak menginformasikan yang bersifat provokatif. Utamanya, pasca pemungutan suara pileg maupun pilpres digelar,  17 April 2019 lalu," ungkapnya.

Dalam pemaparanya menyampaikan, beberapa tata cara peliputan bermuatan kekerasan kejahatan dalam siaran jurnalistik.

Diantaranya, tidak menampilkan gambaran eksplisit dan terperinci tentang cara membuat dan mengaktifkan bahan peledak.

Termasuk, tidak menyajikan rekaman proses interogasi Kepolisian terhadap tersangka tindak kejahatan.

Sementara, dalam penyampaian informasi ke-masyarakat diperlukan, informasi yang disampaikan merupakan informasi memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat, dan/atau menjadi perhatian masyarakat dan nasional.

Selanjutnya, menghindari pemberitahuan suatu peristiwa kejahatan atau kecelakaan atau informasi lain terkait keamanan. Agar memberitakan tidak secara tergesa-gesa, atau bersifat bohong.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana menegaskan, agar menyampaikan informasi dalam upaya membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik.

Penulis: Toto S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suara Indonesia.NET Designed by Templateism.com Copyright © 2019

Diberdayakan oleh Blogger.